Jenis Sekoci dan Cara Penurunannya

Sekoci merupakan salah satu perlengkapan kapal yang harus terpenuhi diatas kapal. Sekoci berupa perahu kecil yang berapa di kanan dan kiri kapal bagian atas atau tepatnya di deck sekoci. Pada kapal barang biasanya ada dua buah sekoci, sedangkan pada kapal penumpang atau pesiar jumlahnya sesuai dengan besar atau kecilnya kapal tersebut. Sekoci biasanya berjumlah 12 buah. Sekoci biasanya terbuat dari logam, kayu atau serat fiber.

Tenaga penggerak sekoci ini biasanya di bagi atas dua bagian yaitu ada yang bertenaga penggerak mesin atau motor dan ada pula yang dilengkapi dengan dayung. Di dalam sekoci biasanya sudah tersedia perlengkapan keselamatan jiwa seperti makanan, minuman, obat - obatan dan alat bantu untuk mencari pertolongan ke kapal lain yang sedang berlayar di sekitar sekoci. Sekoci juga dilengkapi minyak peredam ombak supaya penumpang di atas sekoci tersebut tidak mabuk laut.

1. Fungsi Sekoci

Fungsi sekoci terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
  1. Sekoci penolong, sekoci ini digunakan untuk menolong awak kapal apabila terjadi kecelakaan
  2. Sekoci penyeberang, yang bergunakan untuk mengangkut awak kapal dari tengah laut ke pantai atau sebaliknya
  3. Sekoci meja, untuk memindahkan barang-barang yang berat dan untuk mengangkut perlengkapan perbaikan kapal. Ukuran dari sekoci ini lebih kecil jika dibandingkan dengan sekoci penolong pada umumnya

2. Jenis-jenis Sekoci

Jenis-jenis sekoci juga terbagi berdasarkan alat penggeraknya yang terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
  1. Sekoci penolong yang di dayung
  2. Sekoci penolong bermotor kelas A dengan kecepatan 6 mil per jam
  3. Sekoci penolong bermotor kelas B dengan kecepatan 4 mil per jam
  4. Sekoci penolong yang berbaling-baling yang digerakkan secara mekanis

3. Peraturan SOLAS Tentang Sekoci

Dalam SOLAS 1960 ditentukan bahan life boat/sekoci penolong harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
  1. Harus kuat diturunkan kedalam air dengan aman jika dimuati penuh dengan penumpang yang diizinkan beserta perlengkapan yang diharuskan
  2. Dilengkapi dengan tangki-tangki udara (sebagai cadangan daya apung) untuk menghindari tenggelamnya sekoci walaupun sekoci dalam keadaan terbalik
  3. Bentuknya gemuk dan bagian belakangnya runcing dan kedua lingginnya sedapat mungkin tajam agar dapat bergerak dengan baik, maju maupun mundur
  4. Harus dapat diturunkan ke air dengan mudah dan cepat walaupun kapal dalam keadaan miring 15 derajat
  5. Dilengkapi dengan alat-alat yang memungkinkan penumpang yang berada dalam air dapat naik keatas sekoci
  6. Papan tempat duduk yang melintang dan bangku-bangku pinggir, harus ditempatkan serendah mungkin dalam sekoci
  7. Dilengkapi dengan alat-alat navigasi dan perlengkapan lainnya
SOLAR juga mengatur, alat-alat dan perlengkapan yang harus ada di sekoci yaitu:
  1. Dayung yang lengkap beserta tempatnya
  2. Tali penolong diikat disekililing sekoci
  3. Dua buah kapak ditempatkan masing-masing dibagian muka dan belakang sekoci

Penempatan sekoci diatas kapal juga harus diperhatikan seperti:
  1. Harus ditempatkan sedemikian rupa hingga dapat diluncurkan atau diturunkan keair. Dengan waktu yang singkat
  2. Dapat diturunkan dengan mudah
  3. Penumpang harus dapat masuk kedalam sekoci dengan cepat dan aman
  4. Tidak boleh dipasang pada sisi atau bagian belakang kapal karena bila diturunkan keair membahayakan karena dekat dengan propeller

4. Prosedur Penurunan Sekoci

Cara penurunan sekoci dari kapal ke air juga harus diperhatikan. Berikut ini merupakan cara penurunan sekoci dengan baik dan benar.

prosedur-penurunan-sekoci
Contoh Penurunan Sekoci
  1. Painternya masih terikat dengan benar di sekoci dari railing kapal, dan tidak kencang atau tegang tertambat di railing agar penurunan sekoci nantinya tidak tertahan
  2. Lepaskan pengunci Hand Brake pada Boat Winch dengan cara mencabut Toggle Pinnya
  3. Semua awak kapal naik dan masuk ke dalam sekoci kecuali orang yang memiliki tugas untuk menurunkan sekoci
  4. Berdiri dengan benar pada Stage untuk melepaskan Cradle Stopper Handle dari penahannya dengan cara mencabut Toggle Pin
  5. Lepaskan Trigger Line dan Lashing Line dari Release Hook terhadap badan sekoci agar tidak tersangkut
  6. Orang yang bertugas menurunkan sekoci selanjutnya naik dan masuk ke dalam sekoci, kemudian menutup semua pintu sekoci
  7. Tarik tali Remote Control Wire dari dalam sekoci untuk memutar keluar dan menurunkan sekoci. Dalam penarikan tali Remote Control Wire harus dilakukan dengan hati-hati dengan menariknya secara perlahan karena hal ini akan menyebabkan terjadi oleng pada sekoci. Akibatnya dapat membahayakan orang yang berada dalam sekoci tersebut
  8. Ketika sekoci hampir mencapai permukaan laut, orang yang bertugas menarik tali Remote Control Wire harus mengurangi kecepatan penurunan dengan cara sedikit mengendurkan tarikan terhadap tali Remote Control Wire hingga sekoci bersentuhan langsung dengan permukaan laut secara perlahan
  9. Setelah sekoci sudah berada di atas permukaan laut segera lepaskan tali Remote Control Wire dari dalam sekoci
  10. Lepaskan sekoci dari kedua Boat Hooknya dan lepaskan juga sekoci dari Painternya
Referensi:
  1. http://www.pelautonline.com/2015/12/prosedur-penurunan-sekoci-dari-dalam.html
  2. http://doinmarine.blogspot.com/2012/12/sekodi-penolong-sekoci-adalah-sebagian.html
  3. http://www.indonesianship.com/images/19052012.jpg

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Sekoci dan Cara Penurunannya"

Post a Comment

Peraturan berkomentar:

1. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan topik artikel
2. Gunakan tombol "Balas" jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur
3. Gunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti
4. Dilarang keras meninggalkan link hidup atau aktif

Terima kasih telah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel