13 Basic Drawing Yang Wajib Anda Ketahui

Dalam ilmu pengetahuan tentang kapal, 13 item basic drawing wajib Anda ketahui sebagai seorang engineer kapal. Oleh karena itu, Saya akan membuat sebuah artikel mengenai 13 item basic drawing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Contoh gambar, sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Marine_engineering

1. Rencana Umum (General Arrangement Plan)
Rencana umum adalah gambaran umum dari keseluruhan penataan ruangan dan perlengkapan kapal. Penataan ruangan pada saat perencanaan pembuatan kapal dirancang dan dihitung secara seksama agar memenuhi areal maupun volume runagan yang dibutuhkan serta untuk memperoleh stabilitas yang baik.

Pada prinsipnya penataan ruangan ini bisa dikelompokkan menjadi ruangan dibawah geladak dan runagan diatas geladak. Adapun ruangan dibawah geladak adalah sebagai berikut:
  • Ruang ceruk buritan
  • Ruang mesin
  • Ruang palka
  • Tangki bahan bakar
  • Tangki air tawar
  • Tangki ballast
  • Dan lain - lain
2. Rencana Garis (Lines Plan)

13 Basic Drawing Yang Wajib Anda Ketahui
Contoh gambar lines plan
Rencana garis menentukan karakteristik kapal dibawah air. Rancangan ini akan menentukan bentuk lambung kapal yang akan dirancang. Rancangan garis air merupakan parameter bentuk maupun stabilitas kapal. Oleh karena itu, nilai - nilai parameter bentuk ini sangat bervariasi antara satu kapal dengan kapal lainnya. Tergantung pada bentuk dan jenis kapal yang direncanakan.

FAO memberikan beberapa parameter dan jenis kapal yang ideal untuk jenis - jenis kapal penangkapan ikan. Namun secara umum perancang kapal (designer) menentukan atau memilih nilai dari parameter bentuk yang sesuai dengan jenis kapal yang direncanakan.

3. Rencana Irisan Melintang Gading Tengah (Midship Section Plan)
Konstruksi kapal pada midship section kapal terdapat beberapa elemen yaitu:
  • Wrang kapal
  • Lubang manusia atau yang biasa disebut Man Hole
  • Penumpu utama kapal
  • Penumpu samping kapal
  • Gading besar kapal
  • Gading utama kapal
  • Gading atas kapal
  • Gading balik kapal
  • Dan balok geladak

4. Rencana Profil Konstruksi dan Geladak (Construction Profile and Deck Plan)
Construction Profile adalah gambar konstruksi kapal yang menunjukkan semua konstruksi profil-profil yang digunakan pada kapal mulai dari alas kapal sampai ke bangunan atas rumah geladak. Gambar konstruksi profil dapat menunjukkan berapa banyak profil - profil yang digunakan, baik bentuk profil maupun ukuran dari profil tersebut.

Sehingga dapat diketahui berapa banyak profil yang harus disiapkan saat pembangunan kapal, dan begitupun dengan penentuan berat konstruksi profil dan pelat geladak dapat diketahui dari gambar tersebut.


5. Hidrostatik
Fungsi lengkung hidrostatik adalah untuk mengetahui sifat - sifat badan kapal yang tercelup di dalam air, atau dengan kata lain untuk mengetahui sifat - sifat carena. Ada 20 lengkungan dalam lengkung hidrostatik yaitu:
  1. Water plan area (WPA)
  2. Coefficien of Water Line (Cwl)
  3. Ton Percentimetre Immersion (TPC)
  4. Midship of Section Area (MSA)
  5. Midship Coefficient (Cm)
  6. Block Coefficient (Cb)
  7. Transverse Centre of Bouyancy of Metacentra (TBM)
  8. Prismatic Coefficient (w)
  9. Moment to change Trim one Centimeter (MTC)
  10. Displacement Due to one Centimeter of trim by stern (DDT)
  11. Displacement (D)
  12. Displacement Moulded (Dmld)
  13. Wetted Surface Area (WSA)
  14. Sheel Displacement (b)
  15. Longitudinal Center of Bouyancy to Metacentra (LBM)
  16. Longitudinal of Keel to Metacentra (LKM)
  17. Longitudinal Center of Bouyancy (LCB)
  18. Longitudinalm Center of Floatation (LCF)
  19. Keel to Center of Bouyancy (KB)
  20. Transverse of Keel to Metacenter (TKM)

6. Bonjean Curve
Lengkung bonjean adalah lengkung atau grafik yang menunjukkan luas station sebagai fungsi sarat. Jadi untuk menghitung luas station sampai setinggi sarat yang diinginkan dapat di baca pada lengkung - lengkung bonjean dengan menarik garis mendatar hingga memotong lengkong lengkung bonjean pada station dan sarat yang diinginkan. Pada umumnya lengkung bonjean cukup digambarkan sampai dengan geladak tepi kapal (upper deck side line) sepanjang kapal.

7. Stabilitas
Stabilitas kapal adalah kesetimbangan kapal pada saat diapungkan, tidak miring ke kiri, atau kekanan, demikian pula pada saat berlayar, pada saat diolengkan oleh ombak atau angin, kapal dapat tegak kembali.

8. Konstruksi Kamar Mesin
Kamar mesin adalah kompartemen yang sangat penting pada sebuah kapal. Ditempat inilah terdapat mesin penggerak kapal yang biasanya dinamakan mesin induk atau mesin utama. Dikamar mesin pula terletak sumber tenaga untuk membangkitkan listrik yang berupa generator listrik, pompa - pompa, dan bermacam - macam peralatan kerja yang menunjang pengoperasian kapal.

Konstruksi kamar mesin dibuat khusus karena adanya beban - beban tambahan yang bersifat tetap, seperti berputarannya mesin utama dan mesin lainnya yang menimbulkan getaran.

9. Plimsoll Mark
Plimsoll Mark merupakan tanda pada lambung kapal untuk membatasi draft maksimum sebuah kapal demi keamanan dan keselamatan kapal sesuai dengan daerah / musim dimana kapal tersebut berlayar.

13 Basic Drawing Yang Wajib Anda Ketahui
Contoh gambar Plimsoll Mark, sumber gambar google.com
Keterangan gambar:
  • TF : Tropical Fresh Water
  • T : Tropical
  • F : Fresh Water
  • S : Summer
  • W : Winter
  • WNA : Winter North Atlantic
Dengan dimikian dapat menjamin kapal mempunyai daya apung cadangan yang cukup. Untuk keselamatan kapal maka setiap kapal tidak diijinkan memuat melebihi kapasitasnya sehingga harus memuat sesuai garis muat pada Plimsoll Mark.

10. Propeller
Propeller kapal (Baling - baling kapal) merupakan alat gerak mekanik kapal, untuk menghasilkan gaya dorong kapal.

11. Tonase
Tonase kapal adalah volume kapal yang dinyatakan dalam tonase kotor (Gross tonnage atau GT) dan tonase bersih (Net Tonnage atau NT)

12. Pembagian Blok
Rancangan blok kapal terdiri dari dua tahapan yaitu praracangan blok dan optimasi rancangan blok kapal. Prarancangan blok atau rancangan blok awal berupa pendefenisian batasan blok dan jumlah blok sedangkan optimasi rancangan blok dilakukan dengan mengoptimasi secara teknis rancangan blok dengan ketersediaan sumber daya galangan terutama peralatan material handling dan luas area pembangunan.

13. Bukaan Kulit
Gambar bukaan kulit adalah suatu bentangan badan kapal baik secara melintang maupun memanjang. Untuk mengetahui susunan pelat, ukuran pelat dan tebal masing - masing pelat. Demikian  juga saat perbaikan (pergantian) pelat kulit dapat diketahui bagian kulit kapal yang harus diganti (replating) sesuai peraturan yang diikuti.

Itulah 13 basic drawing yang dapat Saya berikan. Jika Anda ingin menambahkan silahkan berikan tambahan Anda pada kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "13 Basic Drawing Yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Peraturan berkomentar:

1. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan topik artikel
2. Gunakan tombol "Balas" jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur
3. Gunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti
4. Dilarang keras meninggalkan link hidup atau aktif

Terima kasih telah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel